TIPS Menjaga Hubungan Harmonis Dengan Mertua

 TIPS Menjaga Hubungan Harmonis Dengan Mertua


Ketika sudah menikah, tentu orangtua pasangan juga menjadi orangtua kita juga. Menjaga hubungan baik dengan mertua adalah bagian dari menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. 

Pada dasarnya tidaklah sulit untuk bisa harmonis dengan mertua. Ketika Sisterfillah sudah siap menerima kekurangan dan kelebihan pasangan, maka artinya siap juga menerima kekurangan serta kelebihan orangtua pasangan.




Lalu apa saja yang perlu dilakukan oleh Sisterfillah semua dalam menjaga keharmonisan bersama keluarga?

1. Bangun Sikap Yang Baik

Berbuat baik terhadap mertua merupakan sebuah kewajiban. Sebab mereka merupakan orangtua kamu juga. Bertutur kata yang baik, sopan dan menyenangkan hati. 

Seperti yang telah dijelaskan di dalam Al Quran:

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada Ibu Bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-sekali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya 'ah' dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik" (QS. Al Isra ayat 23)


2. Membangun Komunikasi dan Menjaga Silaturahim

Jaringan komunikasi saat ini sudah sangat mudah, bisa melalui telepon, video call dan chat via messanger atau whatsapp. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menjalin silaturahim kepada orangtua dan mertua.

Membangun komunikasi sama dengan menjaga silaturahim. Seperti sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam: "Orang yang menyambung silaturahim itu, bukanlah yang menyambung hubungan yang sudag terjalin, akan tetapi orang yang menyambung silaturahim ialah orang yang menjalin kembali hubungan kekerabatan yang sudah terputus". (Muttafaqun 'alaihi).


3. Menghormati 

Berbicara dengan lemah lembut, tidak mengucapkan kalimat kasar, memanggil dengan panggilan yang hormat adalah beberapa cara menunjukkan rasa hormat kamu kepada orangtua dan juga mertua.

Menghormati mertua sama dengan memuliakan orangtua dengan memberikan kasih sayang dan  rasa terima kasih. Seperti ayat yang tertera di dalam Al Quran yaitu:

"Dan kami wasiatkan (wajibkan) kepada manusia (berbuat baik) kepada dua ornag Ibu dan Bapaknya; Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukur kepada-Ku dan kepada dua orang Ibu Bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembali mu" ( QS. Luqman ayat 14).


4. Sayangi dan Perlakukan Mertua Sebagaimana Orangtua Kandung

Dengan menyayangi dan memperlakukan mertua sebagaimana orangtua kandung sendiri, maka akan tercipta sebuah keakraban dan hal ini dapat menghindari kamu dari ketegangan dan konflik bersama mertua. 

Dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Ridho Allah tergantung pada ridho orangta dan murka Allah tergantung pada murka orangtua."


5. Mendoakan Mertua Sama Seperti Mendoakan Orangtua

Mendoakan Orangtua adalah bentuk dari Birrul walidain yang artinya berbakti kepada orangtua. Karena itu mendoakan mertua kamu sama seperti mendoakan orangtua kandung. Allah SWT menjelaskan dalam Al Quran, ketika doa Nabi Nuh memintakan ampunan untuk orangtuanya dan perintah kepada setiap anak untuk memohonkan rahmat bagi orangtuanya.

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku di waktu kecil." (QS. Al Isra ayat 24)


Demikian Tips menjaga hubungan harmonis dengan mertua. Semoga Sisterfillah semua menjadi anak yang berbakti kepada orangtua dan mertua.






by administrator

No comments